Recent

Resume Praktikum Mekanika Tanah 1


    PERBAIKAN NILAI MEKANIKA TANAH 1  
RESUME LAPORAN PRAKTIKUM

Resume Praktikum Mekanika Tanah 1


I.      Pemeriksaan Kadar Air Tanah.
yaitu bertujuan untuk menetukan nilai kadar air tanah yang terkandung oleh contoh tanah atau agregat yang diambil dari lapangan.
Dan satuan dalam pemeriksan kadr air dalam tanah dan berat kering tanah dinyatakan dalam persen (%)
II.      Pengujian Berat Jenis Tanah.
Pengujian ini dimaksudkan untuk menentukan berat jenis tanah, dengan menggunakan perbandingan antara butir tanah dan berat air suling pada suhu dan volume yang sama.
Dan pengujian ini di fungsikan untuk menentukan tanah dalam golongan tanah apa, termasuk krikil, pasir,lanu organic, lempung organik, dll. Sesuai spesifikasi tanah dalam table (berat jenis tanah)

III.      Penentuan Batas Cair Tanah.
Bertujuan untuk memperoleh besaran batas cair tanah, untuk menentukan nilai kadar air yaitu batas dimana tanah mengalami perubahan dari kondisi cair menjadi plastis.
Menurut Seorang ahli tanah berkebangsaan swedia A.Atterberg yang bekerja di bidang pertanian (1911) untuk menjelaskan sifaat konsistensi tanah berbutir halus pada kadar air bervariasi bila kadar air ini terlalu tinggi, campuran tanah dan air akan menjadi sangat lembek sepeti cucian, karena itu ada dasar teori yang di kandungnya.
Batas cair adalah kadar air dimana untuk nilai-nilai diatasnya tanah akan berprilakusebagai cairan kental (campuran tanah dan air tanpa kuat geser yang dapar diukur)

IV.      Penentuan Batas Plastis dan Indek Platisitas Tanah
Dimana kadar air untuk nilai-nilai dibawahnya tanah tidak lagi berperilaku sebagai bahan yang plastis.
            Tujuan pengujian ini adalah untuk mengetahui plastisitas tanah termasuk tanah apa, seperti yang di bahas dalam buku mektan 1.
            Dan apabila lempung plastis tinggi PI diatas 30% merupakan tanah yang kandungan lempungnya cukup tinggi, dan mudah terpengaruh dengan perubahan kadar air, dan semakin banyak air maka tanah akan mengembang, dan  jika kekeringan air akan mengalami penyusutan.
            Sifat tanah, apabila sifatnya non plastis maka  tidak baik untuk timbunan dan kuat gesernya rendah.dan biasanya di gunakan untuk timbunan bawah pondasi.
            Apabila tanah plastisitasnya rendah kurang baik juga untuk timbunan karena terlalu banyak menyerap air, dan ketika tanah mnyerap air terlalu banyak maka tanah akan menjadi lumpur dan mudah longsor . dan biasanya di gunakan untuk lapisan dasar pondasi, namun lebih bagus lagi menggunakan tanah non plastis,
             Apabila plastisitas sedang bias digunakan untuk timbunan karena butiranya hamper beragam.
Plastisitas tinggi lebih cocok untuk timbunan karena mudah di padatkan.(cepet dipadatkan)

Fungsi praktimum batas cair, batas platis dan indeks plastisitas tanah adalah untuk menentukan tanah yang kita uji adalah termasuk tanah plastis yang mana, sesuai ketentuan table.


V.            Penentuan Batas Susut dan Faktor-Faktor Susut Tanah
Tujuan  pemeriksaan-pemeriksaan ini untuk menentukan data dari tanah subgrade, yang meliputi : batas susut, angka susut, susut volumetrik dan susut linear
        Yang mana kita akan mendapatkan nilai penyusutan tanah pada pengujian ini, di fungsikan untuk mengetahui seberapa besar penyusutan tanah tersebut.
        Missal kita ingin membangun jalan atau gedung sekala beban yang tinggi dan di bangun di tanah yang memiliki plastis rendah, atau daerah lempung untuk mengatasi terjadinya kesalahan dalam pembangunan dan kekokohan bangunan maka perlu di perhitungkn penyusutan tanah yang tak di kehendaki maka kita bias memperkirakan sebesar mana penyusutan tanah yang akan kita bangun gedung.

VI.            Pengujian Analisis Ukuran Butir Tanah
Untuk mengetahui pembagian ukuran butiran tanah (gradasi).
Pengukuran ini di lakukan dengan 2 langkah yaitu yang pertama mengunakan hydrometer untuk mengukur butiran yang paling halus. Dan tanah yang kita ambil di campur dengan air destilasi,
Kenapa harus air destilasi, gag air biasa, alasanya adalah karena air destilasi adalah air suling uap, yang berarti air destilasi adalah air murni yang tidak mengandung zat kimia lainya sehingga saat di campurkan dengan bahan yang akan di uji tidak mempengaruhi berat dan kadar berat jenisa tanahnya. Dll.
Di tahapan ini adalah tahapan untuk mengetahui gradasi tanah itu termasuk gradasi baik apa buruk, gradasi baik adalah dimana susunan partikel ukuran butiranya tersebar meluas.(ukuran butiranya)
Dan gradasi buruk itu partikel butiran tanahnya seragam. Atau mendominasi sama semuanya.

VII.            Pengujian Kepadatan Tanah
Pengujian kepadatan  tanad di laboratorium dimaksudkan untuk meenentukan kadar air optimum dan kepadatan kering maksimum dengan pemadatan tertentu.
        Pengujian ini adalah pengujian dimana kita akan mengetahui permeabilitas tanah dan pengaruh susunan tanah dan kuat geser tanah, karena tanah bermacam-macam, maka dari itu percobaan ini penting untuk mengetahui kepadatan kering optimum lebih baiak atau buruk dan  kepadatan basah optimum lebih baik atau buruk,
        Tanah Lempung pemadatan kering optimum susunan tanah akan bergantung pada macam pemadatanya, namun pemadatan dengan kadar air optimum pada basah optimum akan mempengaruhi susunan, kuat geser, serta kemampatan air, penyesuaian susunan butiran  menjadi bertambah, dan akan beraturan, namun apabila penambahan kadar airnya minimum pada kadar air optimumnya maka koefisien permebilitas berkurang, sebab akngka pori berkurang, dan permeabilitas lebih tinggi bila di padatkan pada kering optimum.
        Dari keterangan diatas kita teleh mengetahui bahwa penambahan air optimum dan kering optimum sangat berpengaruh kondisi tanah saat di padatkan.
Untuk melihat mendapatkan data yang lebih akurat, maka kita menguji pemadatan yang bertbeda-beda dengan jumlah air yang berfariasi, dengan cara ini kita akan tau tana yang kita uji itu pemadatan yang paling bagus seperti apa.
Dari pengujian hasil lab kemaren bias di simpulkan bawa pemadatan yang bagus dan lebih akurat hasilnya dalam keadaan basah optimum karena pada basah optimum tanah tidak akan sensitif untuk perubahan, dan mudah mampat, namum kekuatan gesernya sedang, dan tegangan pori pada keruntuhan geser lebih tinggi,.

VIII.            Pengujian CBR Laboratorium
Bertujuan untuk  menentukan nilai CBR contoh tanah Material tanah, agregat atau tanah yang dipadatkan di laboratorium pada kadar air tertentu, dengan perbandingan anatar beban penetrasi suatu jenis material dan beban standart pada kedalaman dan kecepatan penetrasi yang sama.
        Pengujian ini dilakukan dengan uji percobaan yang berfariasi untuk mendapatkan hasil yang akurat, dengan ketentuan tumbukan yang berbeda pula sebelum diuji tekanan, disini kita akan mendapatkan densitas kering maksimum, dan densitas kering design serta CBR.
Tujuannya untuk CBR laboratorium biasanya digunakan antara lain untuk perencanaan pembangunan jalan baru dan lapangan terbang.Untuk menentukan nilai CBR laboratorium harus disesuaikan dengan peralatan dan data hasil pengujian kepadatan, yaitu Pengujian Pemadatan Ringan Untuk Tanah, atau Pengujian Pemadatan Berat Untuk Tanah.
        Dan bertujuan untuk menentukan nilai daya dukung tanah dalam kepadatan maksimum.

IX.            Pengujian Kepadatan Lapangan Dengan Alat Kanus Pasir (sand cone)
Pengujian ini dimaksudkan untuk menentukan kepadatan lapisan tanah di lapangan dengan cara menggunakan volume lubang secara langsung.
        Bertujuan untuk memeriksa kepadatan di lapangan tanah atau lapisan perkerasan yang telah dipadatkan. Pegujian yang diuraikan hanya berlaku terbatas pada ukuran butiran tanah dan batuan tidak lebih dari 5 cm diameternya. Dan yang dimaksud kepadatan dilapangan adalahberat kering persatuan isi.
        Dan hasil pengujian ini biasanya digunakan untuk, perencanaan timbunan tanah untuk jalan raya, perencanaan timbunan untuk dam air, dan daya dukung pondasi.

Jadi praktimum mekanika tanah 1 ini kita dikenalkan dengan bagai mana cara menggolongkan tanah dan bagai mana kita bisa tau kalua tanah itu sebaiknya di gunakan untuk apa dan bila di gunakan untuk keperluan pemadatan atau timbunan itu sebaiknya gimana, dalam keadaan kering atau basah.
        Seperti langkah awal sendiri dalam praktikum ini kita suadah dikenalkan kandungan air dalam tanah yang kita ambil berapa persen. Dan tanah itu termasuk kedalam golongan apa kita akan mengetahuinya ketika kita melakukan pengujianya.
                Tanah memiliki beraragam macam yang harus kita lihat dan kita analisis keuatan tanah, dan stabilitas tanah dalam ketetapanya, dan kuat geser serta penyusutan tanah juga sangat diperhitungkan, karena jika kita membangun gedung yang memiliki beban tinggi tanpa kita melihat atau memperhitungkan kekuatan geser tanah yang akan jadi patokan berdirinya bangunan yang akan kita bangun kemungkinan besar bangunan yang kita bangun berdiri tidak akan bertahan lama, di karenakan cuaca dan iklim yang selalu berganti-ganti akan mempengaruhi ketahanan tanah menahan beban. Dan kalaupun bertahan lama itu akan menghabiskan dana yang lebih besar, karena tanpa memperhitungkan kekuatan tanah itu seberapa.
               



DAFTAR PUSTAKA

http://indopile.blogspot.com/2012/08/mekanika-tanah-pengelompokan-batu-dan.html
http://www.academia.edu/8436231/LAPORAN_MEKANIKA_TANAH_I
http://listiyonobudi.blogspot.com/2011/08/pengujian-berat-jenis-tanah.html
http://www.academia.edu/5365578/BATAS_CAIR_TANAH
http://cithorues.blogspot.com/2014/04/bab-v-batas-cair-liquid-limit.html
http://www.polines.ac.id/wahana/upload/jurnal/jurnal_wahana_1332660954.pdf
http://indopile.blogspot.com/2012/08/mekanika-tanah-pengelompokan-batu-dan.html
http://arsitektura.blogspot.com/2012/02/metode-pengujian-cbr-laboratorium.html
http://rizaldyberbagidata.blogspot.com/2012/06/pengujian-kepadatan-lapangan-dengan.html
http://www.academia.edu/9518991/SANDCONE_TEST
buku, Mekanika tanah 1

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar