Recent

Papper Mekanika Bahan & Kekuatan Tekan

TUGAS PAPER MEKANIKA BAHAN
RESUME MEKANIKA BAHAN (Gere & Timoshenko)
& KEKEUATAN TEKAN (Ach. Muhib Zainuri)



ABSTRAK
Dalam pembahasan tentang momen puntir ini erat hubunganya dengan gerakan rotasi benda tegar tanpa mempersoalkan gaya yang menyebabkan benda tegar tersebut berotasi, dalam bab ini kita akan membahas tentang gerakan rotasi benda tegar dan gaya yang mempengaruhinya atau istilah lainnya Tegangan puntir.
Untuk lebih mudah memahami dari pembahasan berikut, berikut ini adalah contoh ilustrasi dari gerak rotasi. Misalnya pada saat kita mengendarai sepeda motor, roda sepeda motor tersebut selalu berputar terahadap porosnya selama berputar, berbeda lagi dengan pada saat kita memutar gangsing, pada saat gangsing tersebut berputar, putaranya terkadang tidak sesuai dengan porosnya. Terkadang miring dan kembali lagi pada posisi semula, tetapi  kalau pada sepeda motor, roda berputar sesuai dengan porosnya sampai roda tersebut berhenti.
Selain itu ada juga beberapa penerapan tentang rotasi yaitu pada saat  kamu liat olahraga lempar cakram, saat pelempar berputar, ada gaya pada cakram dan panjang tangan adalah jari-jarinya. Penerapan yang lain untuk kopling sentrifugal dan pompa sentrifugal, Itulah contoh gampang dari penerapan tentang rotasi yang akan kita bahas.
Beban Torsi (Gere & Timoshenko)
batang  prismatis berpenampang lingkaran yang dipuntir oleh torsi T yang bekerja di ujung­ujungnya.  Karena  setiap penampang batang adalah identik, dan  karena  setiap  penampang  tersebut  mengalami  torsi  internal  T, maka kita dapat mengatakan bahwa batang ini mengalami torsi murni.Untuk  menggambarkan  deformasi batang,  bayangkan bahwa ujung kiri batang yang terlihat dalam gambar mempunyai posisi tetap. Lalu, akibat aksi torsi  T, uj ung kanan akan berotasi  (terhadap  uj ung kiri) dengan sudut kecil  φ yang  dikenal  dengan sudut  puntir.

Untuk kebih lengkapnya silahkan Download disini
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar